Sobat Kicau Semua

Popular Posts

Kemerdekaan Ada Batasanya

gambar dari twitter.com
Kemerdekaan Ada Batasanya
Kemerdekaan apa sih arti kemerdekaan menurut kalian?
Kemerdekaan menutut saya adalah kebebasan untuk dalam melakukan berbagai hal dimana kebebasan itu masih dalam taraf dan normal, kebebasan juga berati kita mempunyai hak-hak yang tanpa di pengaruhi oleh orang lain. Memasuki era digital pada hakekatnya arti kebebasan masih sama dari jaman dahulu, mungin dari jaman 1945 dimana pada tahun itu negara Indonesia kita tercinta memperoleh kemerdekaan setelah sekian lama dijajah oleh bangsa asing.

Kemerdekaan Ada Batasnya, memasuki era digital memang banyak sekali membawa manfaat kemudahan dan kepraktisan pada kita seperti, masalah komunikasi, berbelanja, mencari berita atau informasi dan banyak lagi. Di era digitaal ini juga baanyak sekali bermunculan media sosial seperti facebook, twitter, instagram, google plus dan mungkin akan penuh satu halaman ini untuk menulis semua media sosial yang ada.
Sudah menjadi rahasia umum memang bila masyarakat indonesia adalah pecinta media sosial entah apa itu namanya, yang sering menjadi masalah adalah kita sering lupa akan batasan kemerdekaan atau batasan kebebasan kita di media sosial kita sering memposting hal-hal yang sebetulnya tidak pertlu atau mungkin menyinggung orang atau kelompok lain. kita sering meng upload foto atau gambar editan yang melecehkan pihak lain.


Contohnya

Berkata Kasar di Facebook, Ujang Terancam Dihukum

Ujang Romansyah, 18 tahun, warga Kampung Kedung Halang RT 03/01, Cilebut, Sukaraja, Kabupaten Bogor, diadukan ke polisi oleh Felly Fandini,di tuduh memcaci maki lewat facebook (tempo.co)


Terbukti Menghina Lewat Facebook, Farah Divonis 2 Bulan Bui

Gara gara menulis kata kata di jejaring sosial facebook farah di vonis 2,5 bulan di pengadilan negri bogor jawa barat, (news.detik.com)


Dua contoh di atas menunjukan memang kemerdekaan ada batasnya, yang perlu kita perhatikan dalam kemerdekaan di era digital ini adalah
  • Janganlah berlebihan dan berhati-hati apabila menulis atau meng upload foto dimedia sosial
  • jangan memposting hal-hal yang memicu konflik
  • intinya adalah kita saling sadar diri dapat menahan diri
  • Saling menghormati hak orang lain 
Arti kemerdekaan di era digital adalah sama artinya dengan arti kebebasan sajak dahulu, dimana dalam kemerdekaan itu kita juga harus saling menghormati hak orang lain.
“Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog PalingBaru #LombaBlogPalingBaru”
Tag : Lain-lain
2 Komentar untuk "Kemerdekaan Ada Batasanya"

Back To Top